7 Amalan Sederhana Yang Berpahala | Zoya - Lebih Pas Untuk Cantikmu 7 Amalan Sederhana Yang Berpahala | Zoya - Lebih Pas Untuk Cantikmu

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

7 Amalan Sederhana Yang Berpahala

zoya.co.id

Ketujuh amalan di bawah ini adalah amalan yang mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu dalam menunaikannya, akan tetapi memiliki keutamaan dan pahala yang besar di sisi Allah. Apa saja amalan sederhana yang besar pahalanya?

  1. Membaca Al-Quran

Pahala dari membaca Al-Quran ini dihitung dari setiap hurufnya. Rasulullah bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan ‘Alif laam miim’ satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

  1. Menjaga shalat sunnah rawatib 12 raka’at

Shalat rawatib adalah shalat sunnat 2 rakaat sebelum shubuh, 2 rakaat sebelum dhuhur, 2 rakaat setelah dhuhur, 2 rakaat setelah maghrib dan 2 rakaat setelah isya. Keutamaan dari shalat rawatib ini adalah dibangunkan rumah di surga. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Seorang hamba yang muslim melakukan shalat sunnah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas raka’at dalam setiap hari, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (HR. Muslim)

  1. Menjaga shalat sunnah dhuha

Shalat dhuha setara dengan sedekah dari setiap ruas tulang di seluruh tubuh. Rasulullah bersabda yang artinya, “Tiap pagi ada kewajiban sedekah bagi tiap ruas tulang kalian, setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan untuk melakukan kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu dapat tercukupi dengan melakukan dua rakaat shalat dhuha.” (HR. Muslim)

  1. Shalat sunnah setelah berwudhu’

Tidak tanggung-tanggung, pahala dari shalat sunnah yang disengaja setelah wudhu adalah surga. Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang muslim berwudhu kemudian ia baguskan wudhunya, lalu ia berdiri shalat dua raka’at dengan menghadapkan hati dan wajahnya pada dua raka’at itu, melainkan surga wajib baginya.” (HR. Muslim)

  1. Melakukan puasa di hari ‘arafah dan puasa ‘asyura

Inilah 2 jenis puasa yang dapat menghapus dosa selama satu tahun. Abu Qatadah Al Anshariy berkata, ‘Nabi Saw ditanya mengenai keutamaan puasa ‘Arafah’ Beliau menjawab, “Puasa ‘Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura. Beliau menjawab, “Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

  1. Menjaga puasa sunnah senin dan kamis

Mengapa puasa senin kamis begitu istimewa? Senin dan kamis adalah hari dihadapkannya berbagai amalan pada Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

  1. Membaca tasbih, tahmid, dan tahlil

Berkaitan dengan ini Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca ’subhanallahi wa bihahmdih’, sebanyak seratus kali sehari, akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Masih banyak lagi amalan yang mudah untuk dilakukan, namun ganjarannya amat besar di sisi Allah. Dan amal yang dicintai oleh Allah adalah yang meskipun sedikit, namun dilakukan terus menerus. Nabi Saw bersabda, “Amalan yang paling dicintai oleh Allah ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” (HR. Muslim)

Mudah kan melakukannya? Lalu apa yang sulit? Tidak ada yang sulit selama kita tidak malas 🙂

SFJ

Source: Blog Belajar Sunnah

 

Comments

comments

Categories:   Inspirasi