Aktivitas Apa Saja yang Buat Tubuh Lebih Berenergi Saat Puasa? Aktivitas Apa Saja yang Buat Tubuh Lebih Berenergi Saat Puasa?

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Aktivitas Apa Saja yang Buat Tubuh Lebih Berenergi Saat Puasa?

Zoya.co.id

Salah satu tantangan saat berpuasa adalah menjaga tubuh dan pikiran tetap berenergi selama seharian penuh. Tak jarang lemas, kantuk dan tak bergairah menyelesaikan pekerjaan kantor dirasakan selama berpuasa. Tidak adanya asupan makanan sejak pagi hingga menjelang maghrib memang menjadi faktor utama kenapa tubuh merasa lemas ketika berpuasa. Namun tak hanya itu saja, pola pikir pun ikut memengaruhi.

Menjalani ibadah puasa dengan hati yang ikhlas dan pikiran positif juga bisa membantu Zoyalovers tetap berenergi sepanjang hari. Simak beberapa tips yang bisa dicoba agar semangat ketika berpuasa, tanpa harus mengandalkan makanan.

1. Coba Terapi Warna
Warna-warna hangat seperti merah, kuning dan oranye bisa membuat kamu lebih berenergi ketimbang warna-warna dingin. Berdasarkan penelitian, warna-warna tersebut paling cepat menarik perhatian yang mengaktifkan otak. Maka dengan melihat atau mengenakan sesuatu berwarna cerah dan hangat, mood pun menjadi lebih positif dan bersemangat.

Tambahkan warna oranye pada busana, bisa berupa aksesori seperti perhiasan, syal atau tas. Kamu juga bisa menempatkan elemen berwarna oranye di meja kantor. Misalnya notes tempel, file folders atau pot bunga.

2. Kesampingkan Pikiran Negatif
Pikiran negatif sangat berpengaruh terhadap mood kamu seharian loh dear.Jauhkanlah dari nuansa negatif karena itu hanya akan merugikan kamu bahkan yang terparah adalah merugikan orang- orang disekitarmu.
Pikiran positif bisa ditingkatkan dengan relaksasi menggunakan aromaterapi. Gunakan minyak atau lilin aromaterapi yang mengandung minyak lavender atau citrus.

3. Melompat-lompat
Puasa, bukan berarti kamu hanya duduk lemas di depan meja komputer saat bekerja. Terlalu banyak duduk dan tidur justru membuat tubuh semakin lemas dan tidak berenergi. Maka dari itu cobalah lebih banyak bergerak, dan cara yang paling mudah adalah dengan melompat-lompat. Gerakan yang dilakukan berulang-ulang ini meningkatkan detak jantung sehingga membuat asupan oksigen lebih banyak masuk ke dalam tubuh. Hasilnya, otak pun jadi lebih segar. Bisa juga menaiki/menuruni tangga dengan langkah cepat, atau cukup dengarkan musik bertempo cepat dan gerakkan tubuh serta kepala mengikuti iramanya.

4. Aktif di Media Sosial
Media sosial seperti Facebook, Twitter, Path atau Instagram ternyata tidak selalu membuat kamu jadi ‘anti sosial’ di dunia nyata. Media sosial pun punya efek positif, asalkan teman atau orang-orang yang terkoneksi memang cukup kita kenal. Sejumlah peneliti menunjukkan bahwa ketika kita dikelilingi orang yang disayangi, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin yang memicu rasa tenang, senang dan semangat. Saat berinteraksi dengan teman lewat media sosial, perasaan itu pun bisa dirasakan meskipun mereka tidak hadir dalam bentuk fisik.

--

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, keluarga, News, Promo Event Ramadhan, Ramadan, Trend