Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak

Zoya.co.id

Membaca adalah pelajaran pertama yang biasanya diajarkan pada anak – anak saat pertama sekolah. terkadangan kemampuan membaca juga menjadi sebuah pertimbangan seorang anak untuk diterima di sekolah dasar. Maka sering kali sedini mungkin orangtua membuat anak – anaknya belajar membaca. Namun dear, apa gunanya kemampuan membaca bagi remaja atau anak – anak yang ‘sudah lancar’ membaca?

Ada banyak cara agar anakmu dapat memiliki kemampuan membaca yang baik. Diantaranya adalah mengatur waktu rutin jadwal anak untuk membaca, setiap hari. Dengan begitu anak akan terbiasa membaca. Agar anak tidak merasa sendirian, maka ajaklah semua orang yang ada dirumah untuk membaca bersama – sama.

Di saat waktu membaca bersama – sama, ajaklah buah hati untuk membaca buku yang lebih variatif. Tidak melulu membaca buku cerita, novel atau buku pelajaran, ajaklah ia untuk membaca buku yang lebih bervariatif. Jika ia mengalami kesuitan untuk memahami sesuatu yang ia baca, maka bantulah ia untuk memahaminya dengan menjelaskan maksud dari apa yang ia baca. Dengan begitu, anak akan terbiasa membaca untuk mengerti apa yang mereka baca.

Jangan ragu untuk mengajak anak pergi ke perpustakaan. Karena dengan pergi ke perpustakaan, anak akan menemukan lebih banyak lagi buku – buku lain yang dapat dibaca oleh mereka. Hal lain yang dapat membuat anak gemar membaca adalah dengan menunjukka antusiasme kamu terhadap apa yang mereka baca. Selalu tanyakan tentang buku – buku yang telah mereka baca. Karena dengan begitu kamu dapat memantau sejauh apa anak – anak memahami isi dari buku yang mereka baca. Memberikan sedikit arahan tentang pengertian yang masih kurang tepat dan memberikan pujian kepada mereka saat mereka menjelaskan dengan tepat apa maksud dari bacaan mereka, akan membantu anak untuk lebih bersemangat untuk membaca lebih banyak lagi. Sekali lagi, jangan biarkan anakmu malas untuk membaca ya dear!

 

--

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, keluarga, News