Cara menurunkan kolesterol secara alami Cara menurunkan kolesterol secara alami

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Cara menurunkan kolesterol secara alami

zoya.co.id

Makanan lebaran yang identik dengan santan dan lemak membuat tubuh kita rentan akan penyakit kolestrol tinggi. Nah bagaimana cara mencegahnya dan menghindarinya? Simak tips berikut:

1. Olahraga secara rutin

Olahraga menjadi salah satu hal yang penting untuk menurunkan kadar kolesterol, tidak harus melakukan olahraga berat atau bergabung gym. Zoyalovers dapat melakukan olahraga kardio seperti jogging, lari ditempat dan lainnya. Selain menurunkan kadar kolesterol tentunya juga dapat menyehatkan jantung dan menurunkan berat badan.

2. Mengurangi konsumsi gluten

Gluten merupakan kandungan yang terdapat dalam pati seperti tepung. Hindarilah makanan yang terbuat dati tepung atau gandum karena makanan tersebut tinggi akan gluten. Gandum juga tidak selamanya sehat dan baik untuk kesehatan.

3. Mengubah pola makan sehat

Berbagai makanan sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol anda. Konsumsilah makanan makanan nabati seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daing, susu, mentega, keju, makanan bersantan, dan makanan berminyak.

4. Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran

Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, untuk lebih baik anda bisa mengkonsumsi buah buahan dan sayur yang mengandung fitosterol. Pasalnya buah yang mengandung fitosterol juga mempunyai kandungan serat, dimana kandungan serat ini mampu mempercepat penyerapan kolesterol dalam usus kita. Kamu dapat menemukan kandungan fitosterol dalam buah anggur, apel, kacang tanah, kedelai, pisang, melon, sayur buncis, brokoli, kembang kol.

5. Konsumsi makanan penurun kolesterol

Kolesterol dalam tubuh kita sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Untungnya ada banyak sekali makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Beberapa makanan tersebut yakni seperti jus kubis, oatmeal, buah belimbing, buah naga, buah melon, buah alpukat, sayur kubis, buncis, brokoli, kedelai, ikan dengan kandungan omega 3, teh, dan masih banyak lagi.

Kurangi beberapa makanan berikut ini:

Goreng-gorengan, mentega

Kuning telur, telur puyuh, otak sapi, daging sapi berlemak, gajih sapi dan kambing

Susu berlemak tinggi, keju, dan susis

Udang, kepiting, siput, belut, kerang, cumi-cumi

 

 

--

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, keluarga, Ramadan, Tips Memasak, Trend