Hikmah dan Keutamaan Qurban 'Idul Adha Hikmah dan Keutamaan Qurban 'Idul Adha

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Hikmah dan Keutamaan Berqurban

Zoya.co.id

Alhamdulillah Sebentar lagi kita akan merayakan Hari  Idul Adha, dimana hari itu kita berkurban sebagai tanda berbagi sesama umat manusia. Sebelum berqurban, kita simak dulu hikmah dan keutaman berqurban zoyalovers berikut:

Kebaikan dari setiap helai bulu hewan kurban

“Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” [HR. Ahmad dan ibn Majah] begitulah salah satu kutipan yang menerangkan jika berkurban tidak hanya berbagi, namun juga membuat kebaikan.

Berkurban adalah ciri keislaman seseorang

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami.” [HR. Ahmad dan Ibnu Majah]

 Ibadah kurban adalah salah satu ibadah yang paling disukai oleh Allah

Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” [HR. Ibn Majah dan Tirmidzi. Tirmidzi menyatakan: Hadits ini adalah hasan gharib]

Berkurban adalah ibadah yang paling utama

“Katakanlah: sesungguhnya shalatku, sembelihanku (kurban), hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” “Ibadah harta benda yang paling mulia adalah menyembelih qurban, sedangkan ibadah badan yang paling utama adalah shalat…”

[Qur’an Surat Al An’am : 162]

Subhanallah ya dear, selain menjadi cara untuk berbagi, kurban  juga menjadi ibadah utama dengan sejuta pahala. Ayo kita sisihkan rezeki untuk berkurban!

-Euis Rostika-

Comments

comments

Categories:   Inspirasi