Ini Dia Alasan Kenapa Tidur Dengan Lampu Menyala Buruk Untuk Kesehatan Ini Dia Alasan Kenapa Tidur Dengan Lampu Menyala Buruk Untuk Kesehatan

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Ini Dia Alasan Kenapa Tidur Dengan Lampu Menyala Buruk Untuk Kesehatan

Zoya.co.id

Siapapun akan mengatakan bahwa cahaya lampu di malam hari sangat dibutuhkan. Namun tahukah dear, bahwa menggunakan cahaya lampu sepanjang malam atau menggunakannya untuk menerangi diri saat tidur justru tidak baik bagi kesehatan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa cahaya lampu bisa mempengaruhi hormon dalam tubuh, mengganggu kesehatan mata, dan bahkan berisiko meningkatkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Cahaya lampu yang berlebihan saat malam dipercaya mampu mengganggu konsentrasi seseorang terlebih pada anak-anak dan remaja. Bukan hanya itu saja, study yang dilakukan di salah satu Medical Center di Salem mengungkapkan bahwa wanita yang tidur dengan lampu menyala bisa memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi dibandingkan mereka yang memilih gelap atau memakai cahaya remang-remang saat tidur.

Saat Zoyalovers memilih tidur dengan lampu menyala ketika tidur, hal ini dikatakan bisa mengganggu kesehatan mata. Dalam keadaan terang terlebih terang karena adanya cahaya lampu dan mata tertutup, hal ini bisa meningkatkan kerusakan pupil mata. Dengan adanya cahaya lampu yang terang, mata masih bisa merasakan adanya cahaya di sekitarnya. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan matamu.

Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa cahaya lampu saat tidur bisa menghambat pertumbuhan melatonin yang ada di dalam tubuh. Melatonin sendiri merupakan salah satu hormon yang bisa bantu daya tahan dan kekebalan tubuh meningkat. Bukan hanya itu saja, melatonin juga bisa melancarkan peredaran darah juga menghambat pertumbuhan lemak di jaringan tubuh.

Saat pertumbuhan melatonin terhambat karena efek cahaya lampu, bisa dipastikan hal ini bisa memicu peningkatan risiko diabetes dan kegemukan dalam diri seseorang. Selain mampu meningkatkan risiko diabetes atau peningkatan gula darah dan kegemukan, cahaya lampu di malam hari saat tidur juga dipercaya berisiko meningkatkan risiko jantung.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti dan berbahaya. Kanker sendiri tidak memandang kepada siapa ia akan menyerang. Baik anak, orang dewasa atau orang tua nampaknya saat ini tidak luput dari bahaya kanker. Study yang dilakukan di Ohio State University Medical Centre menyebutkan bahwa cahaya buatan dari lampu bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Suasana tidur dengan lampu menyala dan lampu redup atau mati tentu memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Saat seseorang memilih tidur dengan lampu redup atau sedikit cahaya, hal ini bisa bantu pikiran dan suasana hati lebih tenang. Suasana serasa lebih tenang dan segar ketika memilih tidur dengan lampu redup atau mati.

Sedangkan saat tidur dengan lampu menyala, cahaya lampu akan mempengaruhi kecemasan dan suasana hati seseorang. Beberapa study menyebutkan bahwa lampu menyala akan meningkatkan perasaan cemas yang membuat seseorang terkena insomnia atau susah tidur. Cahaya lampu yang terang juga dipercaya mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

Yuks matikan lampu saat tidur, supaya hemat listrik dan menjaga kesehatan juga! ^^

--

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, keluarga, News, Trend