Keistimewaan Bersedekah Dalam Islam | Zoya - Lebih Pas Untuk Cantikmu Keistimewaan Bersedekah Dalam Islam | Zoya - Lebih Pas Untuk Cantikmu

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Keistimewaan Bersedekah Dalam Islam

zoya.co.id

Salah satu ibadah yang dianjurkan Allah SWT adalah bersedekah, baik dikala lapang maupun sempit. Banyak dalil yang menyebutkan tentang keutamaan dan keistimewaan sedekah. Mari simak terlebih dahulu hadits Rasulullah SAW “Sesungguhnya Allah swt itu Maha Memberi , Ia mencintai pemurah serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. al-Baihaqi)

Hadis di atas juga kita bisa petik hikmahnya bahwa Islam sangat membenci sifat pelit dan bakhil dan sifat suka meminta-minta. Tetapi sebaliknya seorang mukmin itu banyak memberi dan pemurah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah.” (HR. Bukhari)

Keistimewaan sedekah yang pertama adalah dapat menghapus dosa. Pernyataan ini diperkuat dengan dalil hadist Rasulullah saw, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Tirmidzi, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

Pengampunan dosa ini tentu saja disertai taubat sepenuh hati, dan tidak kembali melakukan perbuatan-perbuatan tercela serta terhina seperti sengaja bermaksiat, seperti korupsi, memakan riba, mencuri, berbuat curang, atau mengambil harta anak yatim.

Kedua, bersedekah memberikan keberkahan pada harta yang kita miliki. Ketiga, Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah. Keempat, terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah. Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga.

Dan terakhir, orang yang sering bersedekah dapat membebaskan dari siksa kubur. Rasulullah saw bersabda, “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR Thabrani)

Nah mulai sekarang jangan ada istilah lupa, malas atau alasan lainnya yang menghambat kita untuk bersedekah. Tanamkan pada diri Anda untuk bersedekah setiap hari, ingat bersedekahlah atas nama Allah agar terhindar dari perasaan sombong.

SNN

source: berbagai sumber

 

Comments

comments

Categories:   Inspirasi