Lindungi Air Kita Lindungi Air Kita

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Lindungi Air Kita

zoya.co.id

Air adalah sumber kehidupan. Dari air Allah ciptakan makhluk hidup, manusia diciptakan dari air mani, dan dengannya manusia mempunyai keturunan dan hubungan kekeluargaan. Allah pula yang menjadikan bumi ini hidup dengan air. Hujan menyiram hutan. Bumi tandus menjadi hidup. Pepohonan tumbuh. Kebun menghasilkan tanaman serta buah-buahan yang dikonsumsi manusia dan binatang.

Jutaan manusia mencari penghidupan di laut, sungai dan danau. Dengan indah Al-Quran menggambarkan laut sebagai sumber penghidupan. “Dialah yang menundukan lautan agar kamu dapat memakan darinya daging yang lembut, dan kamu keluarkan darinya perhiasan yang dapat kamu pakai, serta bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari karuniaNya, agar kamu berysukur.”(An-Nahl:14)

Rasul pun menekankan agar kita melindungi dan menggunakan air secara efisien.  Air tidak boleh dieksploitasi untuk kepentingan pribadi atau kelompok yang mengalahkan kepentingan umum. Islam secara tegas menolak penguasaan air oleh peorangan. Air adalah pemberian Allah yang pemanfaatannya untuk semua secara adil.

Sekarang ini seperti kita tahu dear, banyak sekali manusia yang boros dan seenaknya menggunakan air. Perbuatan itu bisa terlihat di sekeliling kita, dirumah saja masih banyak orang yang membuang-buang air saat mandi, dan mencuci piring. Sedangkan jika dilihat dari contoh yang lebih luas, banyak sekali industri yang membuang limbah sembarangan sehingga mencemarkan air bersih dikawasan penduduk.

Karena air adalah karunia Allah, maka setiap memulai menggunakannya setiap muslim hendaknya ingat Allah. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim setiap kali saat minum, wudlu, mandi konsumsi air akan bernilai ibadah loh dear.

-euis-

Comments

comments

Categories:   Inspirasi