Manfaat Bersilaturahim Saat Lebaran Manfaat Bersilaturahim Saat Lebaran

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Manfaat Bersilaturahim Saat Lebaran

Kapan lagi kita bisa bertemu dan berkumpul dengan keluarga besar selain saat lebaran? Karena itu, kita harus memanfaatkan momen lebaran untuk bersilaturrahim dengan seluruh anggota keluarga yang baru bisa ditemui saat lebaran datang.

Kadang karena terlalu jarang bertemu, justru saat berkumpul dengan keluarga besar akan terasa sedikit canggung, apalagi jika ada anggota keluarga baru seperti sepupu ipar atau cucu terbaru. Tapi tentunya itu tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak menikmati kesempatan yang hanya datang setahun sekali ini. Jadilah fleksibel dan berkenalan dengan semua orang, atau perkenalkan anggota keluarga yang baru kepada anggota keluarga yang lain.

Mengajak anak-anak ke pertemuan keluarga besar seperti ini tentunya merupakan tantangan tersendiri, manfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan anggota keluarga besar kepada anak dan biarkan mereka mendapatkan teman baru. Pada dasarnya anak-anak lebih mudah akrab dan berinteraksi dengan orang lain, karena itu  yang perlu kita lakukan adalah mendorong anak-anak untuk saling berkenalan dan bermain bersama.

Trik lain untuk membuat anak tetap bisa menikmati pertemuan keluarga tentunya dengan berbagai makanan yang tersedia, kue lebaran yang berwarna-warni tidak akan gagal untuk menarik perhatian mereka.

Yang paling penting, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengenal keluarga kita dengan lebih baik. Bertemu keluarga besar adalah momen yang paling tepat untuk mengenal satu sama lain. Kita dapat memperdalam lebih jauh lagi tentang silsilah keluarga, dan memperhatikan kebiasaan yang mungkin hanya ada di keluarga kita, seperti masak sayur asem untuk lebaran instead of opor ayam, resep kue keluarga turun-temurun, sampai kebiasaan aneh masing-masing anggota keluarga.

Tidak ada yang lebih penting dalam diri seorang muslim yang bersaudara selain silaturahim, hal ini juga sudah dijelaskan oleh Rasulullah bahwasilaturrahim merupakan pertanda keimanan seorang hamba kepada Allah dan hari akhir. “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir; hendaklah ia bersilaturrahim”.HR. Bukhari dari Abu Hurairah.

Beliau juga menjanjikan bahwa di antarabuah dari silaturrahim adalah keluasan rizki dan umur yang panjang,“Barang siapa menginginkan untuk diluaskan rizkinya serta diundur ajalnya; hendaklah ia bersilaturrahim”.HR. Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik.

Nah, ZoyaLovers, begitu banyak kebahagiaan yang kita dapatkan dari bersilaturahim, sekarang semakin semangat kan untuk banyak-banyak berkunjung dan berkenalan dengan keluarga kita?

Berbagai sumber

Tiara Risa/Nieke Noviyanti

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, Ramadan