Membangun Hubungan dengan Anak Membangun Hubungan dengan Anak

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Membangun Hubungan dengan Anak

Ibu-ibu modern yang semakin sibuk, anak-anak yang jadwalnya semakin padat dengan semua kegiatan kursus dan ekstrakurikuler mereka setelah sekolah membuat waktu bertemu orang tua dengan anaknya menjadi lebih sedikit. Tapi tentunya hal ini bukan berarti orang tua tidak lagi peduli dengan anaknya. Dengan cara apapun orang tua akan berusaha menunjukkan kasih saying mereka meskipun dengan waktu yang terbatas.

  1. Sarapan  bersama

Kita mungkin adalah wanita karir yang sibuk dan tidak bisa bertemu buah hati seharian, maka pagi hari adalah saat yang paling tepat untuk berinteraksi dengan anak, memberi mereka makanan special yang kita racik sendiri akan memberikan kehangatan dan menunjukkan perhatian kita kepada mereka. Selain memenuhi kebutuhan mereka untuk beraktifitas seharian, sarapan juga merupakan sarana yang tepat untuk memenuhi psikologis anak-anak agar mereka tahu bahwa mereka diperhatikan.

 

  1. Sering-sering bertukar pendapat

Apa cara yang lebih baik untuk mengenal seseorang daripada mengobrol dan bertukar pikiran dengan mereka? Dengan mengobrol kita akan bisa mengetahui apa saja yang terjadi seharian di sekolah, apa yang terjadi di lingkungannya, apa yang teman-temannya lakukan. Hal ini akan menimbulkan kedekatan emosional antara kita dan anak sehingga mereka merasa nyaman berada di dekat kita.

 

Kebiasaan mengobrol dengan anak juga akan membuat mereka merasa dekat dengan kita, sehingga mereka akan terbiasa untuk berpendapat dan berbagi cerita mereka, baik kepada kita maupun kepada teman-teman dan sekolahnya, mereka juga akan terbiasa mendengar pendapat-pendapat kita dan berlatih menerima pendapat orang lain. Mengobrol bisa dilakukan sebelum tidur atau ketika orang tua pulang kantor, mengobrol bisa dilakukan untuk bersantai bersama dan membuat semuanya lebih rileks.

 

  1. Liburan bersama keluarga

Sempatkan berlibur bersama ketika ada kesempatan untuk libur. Liburan menyenangkan akan membuat mereka merasa lebih dekat dengan setiap anggota keluarga. Tidak perlu pergi jauh-jauh, yang penting adalah quality time dengan seluruh keluarga dan refreshing dari rutinitas yang membosankan. Liburan bersama keluarga juga bisa menjadi cara untuk makin mengenal masing-masing anggota keluarga dan melihat cara mereka bereaksi terhadap sesuatu. Hubungan keluarga pun akan semakin harmonis dan hangat.

 

  1. Berpelukan

Gerakan simpel ini ternyata memiliki pengaruh yang lebih besar dari yang mungkin kita tahu. Penelitian menyatakan bahwa ternyata saat berpelukan, tubuh kita melepaskan hormone oxytocin, yang berhubungan dengan perasaan damai dan cinta. Hormon oxytocin ini membuat jantung dan pikiran sehat. Hormon ini baru bisa keluar jika manusia memiliki kehidupan sehat, merasa damai dan tenteram. Karena itu, dengan sering berpelukan kita akan memberikan rasa nyaman kepada anak sehingga mereka merasa dekat dengan kita. Berikanlah sebanyak mungkin pelukan dan jadikan berpelukan menjadi kebiasaan untuk mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

 

  1. Berdoa Bersama

Mengenalkan anak kepada Tuhan dan mengajarkan mereka untuk selalu bersyukur dan  memohon kepadaNya akan membangun rasa saling membutuhkan dan saling membantu antara anak dan orang tua. Kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin dan membuat anak semakin dekat dengan orang tua dan Tuhan.

Comments

comments

Categories:   Inspirasi