Mencegah Rambut Rontok Bagi Wanita Berkerudung Mencegah Rambut Rontok Bagi Wanita Berkerudung

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Mencegah Rambut Rontok Bagi Wanita Berkerudung

Zoya.co.id

Rambut rontok adalah permasalahan yang kerap kali dieluhkan oleh wanita berkerudung. Tetapi bukan berarti gara-gara berkerudung membuat rambut jadi rontok. Berkerudung adalah sebuah keharusan yang hukumnya wajib dilakukan oleh muslimah. Perkara rambut rontok itu bukan terjadi karena kamu berkerudung, tetapi karena kita salah dalam merawat rambut. Untuk itu disini akan dijelaskan bagaimana cara mencegah rambut rontok bagi wanita berkerudung

Menurut dr. Eddy Karta SpKK memaparkan bahwa rambut rontok pada wanita berkerudung terjadi karena kondisi rambut yang lemba. Karena biasanya seorang wanita berkerudung menutupi rambutnya selama kurang lebih 12 jam mulai pagi hingga malam. Padahal, agar rambut tidak rontok caranya sangat mudah.

  1. Keramas Setiap Hari. Karena rambut kita tertutup maka rambut cenderung lembab sehingga mengakibatkan rambut menjadi bau, berketombe hingga rontok. Untuk itu usahakan mencuci rambut setiap hari seusai beraktivitas.
  2. Jangan mengikat rambut terlalu kencang. Mengikat rambut terlalu kencang pada kondisi rambut tertutup akan lebih mudah menimbulkan ketombe dan kerontokan rambut.
  3. Kenakan Ciput dan Kerudung berbahan nyaman. Cermatlah dalam memilih bahan kerudung, sebaiknya kenakan ciput dan kerudung yang menyerap keringat seperti lucy/lycra, polyspun, paris, atau viscose. Jangan juga menggunakan ciput terlalu ketat.
  4. Ganti ciput dan kerudung setiap hari. Aktivitas kita selama berjam-jam membuat rambut yang tertutup lebih mudah lembab, untuk itu gantilah ciput dan kerudung setiap hari agar rambut tidak mudah bau.
  5. Konsumsi makanan yang mengandung tinggi protein, seperti telur, kacang-kacangan, jagung manis, tahu, tempe, sayuran hijau, daging untuk memenuhi vitamin B yang dapat menjaga keutuhan rambut.
  6. Jangan memakai kerudung saat rambut basah. Jika kamu baru saja keramas, sebaiknya keringkan terlebih dahulu rambut sebelum mengenakan kerudung.
  7. Sisir rambut secara rutin minimal 2-3x sehari. Dengan menyisir rambut sama halnya dengan melakukan pemijitan kulit kepala, yang berarti dapat membantu kelancaran peredaran darah.
  8. Gunakan sisir yang bergigi jarang. Kemudian perhatikan belahan rambut, hindari menarik garis belahan rambut hanya pada 1 sisi, karena kerontokan bisa berawal di garis belahan rambut.
  9. Jangan biarkan rambut terikat terus. Saat tidur sebaiknya rambut tidak diikat, biarkan ia terurai.
  10. Hindari polusi berlebih. Bukan berarti dengan berkerudung rambut kita terhindar dari paparan asap polusi, untuk itu tetaplah menghindari polusi yang berlebihan.
  11. Gunakan sampo yang sesuai dengan kondisi rambut berkerudung. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan sampo yang mengandung sari lidah buaya. Tanaman itu berkhasiat memperbaiki pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Bisa pula memakai sampo kelapa hijau dan yang berasal dari sari akar wortel.

 

Nah, mulai sekarang lebih peduli ya dengan kesehatan rambutmu, agar wanita berkerudung tetap tampil cantik dan segar dari dalam maupun dari luar.

 

Nieke Noviyanti

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, Tips Kecantikan