Menengok Kehidupan Muslimah Rusia Menengok Kehidupan Muslimah Rusia

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Menengok Kehidupan Muslimah Rusia

Zoya.co.id

Islam di Rusia merupakan kepercayaan mayoritas nomer dua setelah Kristen ortodoks. Islam di Rusia dimulai pada masa Umar bin Khattab dengan perantara sahabat yang mulia Hudzaifah bin al-Yaman. Pemeluk Islam saat ini kurang lebih sebanyak 14,5 juta orang, 10 persennya merupakan dari penduduk asli Rusia. Namun, menurut hasil survei Levada Center, yang dilakukan pada November 2013, umat Islam merupakan 7 persen dari populasi Rusia. Selama ini islam berdampingan hidup dengan damai. Namun, karena isu terorisme saat ini Islam sering dipandang negatif dan sering dicurigai.

Walaupun pemeluk Islam merupakan mayoritas nomer dua, muslimah Rusia tidak bebas dalam mengenakan hijab. Hijab sering dianggap mengganggu kinerja, sehingga dapat menghambat pekerjaan. Begitupun dengan mengenakan hijab di sekolah yang saat ini masih berkendala. Padahal sudah dijelaskan kepada berbagai pihak, bahwa mengenakan hijab tidak akan mengganggu. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Persatuan Perempuan Islam Rusia Nailya Ziganshina.

Keterbatasan yang ada tidak membuat muslimah Rusia menyerah dan meninggalkan hijab. Khas berpakaian muslimah Rusia yakni dengan memanfaatkan penggunaan unsur-unsur mode Eropa populer, seperti rok panjang, renda, dan berbagai aksesoris. Salah satu fitur paling khas dari busana-busana yang ditampilkan adalah penggunaan warna dan tekstur yang rumit. Ada kombinasi menarik antara warna-warna pastel dan corak yang cerah, serta berbagai ornament. Muslimah Rusia dapat menunjukkan dengan hijab mereka tetap bisa cantik dan elegan.

Semoga muslimah Rusia dapat menjadi inspirasi wanita muslim lain di seluruh negeri.

Irine Amalia

Comments

comments

Categories:   Inspirasi