Menjaga Kesehatan Mata Cantikmu | Kerudung ZOYA - Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah Menjaga Kesehatan Mata Cantikmu | Kerudung ZOYA - Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Menjaga Kesehatan Mata Cantikmu

Matamu, jendela hidupmu. Dear, dari mata kita bisa melihat segala hal, keindahan, kasih sayang, kekuatan, keberanian dan dari mata lah banyak hal yang mengingatkan kita untuk selalu bersyukur. Maka itu, kesehatan mata juga sangat penting untuk dijaga. Seorang bijak berkata “jauh lebih sulit untuk membuat orang sehat daripada membuat mereka sakit”. Untuk menjadi selalu sehat memang tidak mudah, kita perlu disiplin terhadap diri kita. Menjaga kesehatan mata, berarti zoyalovers perlu menghindari hal-hal yang dapat merusak mata dan memenuhi kebutuhan nutrisi mata. Terutama, bagi kamu yang menggunakan kacamata harus memberikan perhatian yang sangat khusus dalam menjaga kesehatan mata. Kali ini, zoya akan memberikan tips untuk merawat mata cantikmu tetap sehat dan segar, dikutip dari eskulin.com.

  1. Stop membaca dan menonton sambil tiduran

Aktivitas membaca buku maupun handphone tidak baik untuk kesehatan mata. Jarak membaca yang terlalu dekat dengan mata akan membuat otot mata bekerja lebih keras sehingga cepat lelah. Kebiasaan seperti ini segera distop ya dear, berlatih mulai dari sekarang untuk membaca sambil duduk tegap, dengan pencahayaan yang cukup, supaya mata tetap relaks.

  1. Konsumsi vitamin A dan 8 gelas air putih

Makanan yang memiliki vitamin A dan beta karoten seperti mangga, wortel, tomat, bayam, brokoli, dan melon dapat melindungi mata dari kerusakan. Namun, untuk mata minus atau silinder, makanan tersebut tidak bersifat menyembuhkan. Dilansir dari health.detik.com, beta-karoten memiliki antioksidan dan cepat dikonversi menjadi vitamin A yang membantu untuk penglihatan yang baik, kekebalan tubuh dan sehat.

  1. Batasi waktu didepan komputer

Terlalu lama menatap layar komputer membuat mata kering, hal ini karena kita lebih sedikit berkedip, selain itu sinar komputer membuat mata silau dan tegang.

  1. Latihan mata

Menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan melatih mata, ini juga berguna untuk mengatur fokus mata. Caranya, bisa kamu mulai dengan melihat obyek yang jaraknya agak jauh. Duduk, lalu tempatkan siku di pinggul, tutup mata dengan menggunakan telapak tangan kita. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata kita selama 10 detik. Lalu, buka kembali mata kita dan ulangi selama beberapa kali. Trik ini bisa dilakukan saat mengistirahatkan mata dari depan layar komputer.

  1. Batasi waktu penggunaan softlens

Menggunakan softlens sebaiknya tidak lebih dari 8 jam perhari, jangan sampai digunakan terlalu lama. Penggunaan lensa kontak sepanjang malam hanya dibolehkan untuk orang yang memiliki mata minus tinggi (female.kompas.com). Selain itu, perhatikan tanggal kadaluarsa, hindari menggunakan di tempat yang berdebu, cuaca yang terlalu panas atau dingin agar mata tidak iritasi.Sebaiknya, pilih lensa kontak sesuai dengan resep dokter.

  1. Gunakan obat tetes mata sesuai kebutuhan

Penggunaan obat tetes mata yang berlebihan dapat merusak kornea mata. Untuk itu, jika sudah menggunakan obat tetes mata lebih dari 1-2 kali namun mata tetap merah, sebaiknya segera ke dokter ya dear.

  1. Periksa kesehatan mata secara berkala

Selain 6 langkah diatas, kita perlu memeriksa kesehatan mata minimal setahun sekali pada dokter spesialis mata meskipun tidak ada gangguan penglihatan. Berkonsultasi dengan dokter akan membantu zoyalovers untuk memantau kesehatan mata. (Wendy Joannita)

Comments

comments

Categories:   Inspirasi