Mumpung Ramadhan Ayo Berkenalan dengan Myelin | Zoya - Lebih Pas untuk Cantikmu Mumpung Ramadhan Ayo Berkenalan dengan Myelin | Zoya - Lebih Pas untuk Cantikmu

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Mumpung Ramadhan Ayo Berkenalan dengan Myelin

zoya.co.id

Siapa sih Myelin? Anak Mana?

Awal mula saya berkenalan dengan myelin adalah lewat bukunya Jamil Azzaini  yang berjudul ‘ON’. Buku yang saya pinjam dari teman satu kantor itu ternyata buku yang a must read, sangat keren isinya, sebab lewat buku tersebut saya jadi tahu apa itu myelin. Ada yang sudah tahu sebelumnya apa itu myelin? Baiklah, ini sedikit perkenalan tentang myelin..

Dalam ilmu biologi, ada istilah myelin (muscle memory) yaitu lapisan yang menyelubungi syaraf manusia. Myelin berfungsi sebagai insulasi yang membungkus jaringan syaraf manusia. Semakin intens seseorang terlibat dalam  tindakan atau latihan, maka akan semakin tebal myelin-nya, dan akan semakin hebat ia bekerja.

Dalam bukunya Jamil Azzaini, Myelin lebih diartikan sebagai sumber dari segala telanta yang dibentuk melalui latihan yang terprogram. Myelin ini tersebar merata dalam bentuk system saraf pada otot-otot manusia yang memberi perintah dan menyimpan infirmasi.

Myelin itu sekali terbungkus, sulit terlepas.  Myelin terbentuk satu arah. Sekali insulasi terjadi, tidak dapat terbongkar lagi. Ia hanya dapat dihilangkan dengan membentuk insulasi (kebiasaan baru) sehingga kebiasaan lama terkalahkan.

Maka saya mencoba menyimpulkan, bahwa myelin bisa membentuk karakter. Karakter seperti apa yang akan kita dapat, tergantung dengan latihan serta kebiasaan yang kita lakukan. Saya berasumsi, bahwa ramadhan adalah prime time yang paling tepat untuk membentuk myelin kita hingga menciptakan karakter yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Sebab Myelin adalah universal. Ia tidak peduli dengan siapa dan apa yang anda kerjakan. Sebagai contoh  orang-orang  di Indonesia membentuk myelin yang membungkus serat saraf yang membantu kita berbahasa Indonesia, sedang orang-orang di Cina, membentuk myelin  yang membuat mereka mampu berbahasa mandarin.

Jadi, jika kita membiasakan berbuat baik, menjaga sikap, menjaga hati, menjaga ucapan, dan menjaga segala perilaku dari segala hal yang mudarat, dan lebih mengisi kegiatan dengan hal – hal baik, saya yakin myelin kita akan terbentuk dan membungkus serat saraf kita hingga hal itu menjadi kebiasaan yang membentuk karakter menjadi lebih baik lagi.

Jadi, mumpung ramadhan belum habis, yuk, kenali myelin kita dan bentuk karakter kita dengan hal-hal positif yang lebih syar’i. Semoga Allah meridhoi kita semua, aamiin.

Eli

Editor: SNN

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, Ramadan