Pentingnya Berolahraga Menurut Islam | Zoya --Lebih Pas untuk Cantikmu Pentingnya Berolahraga Menurut Islam | Zoya --Lebih Pas untuk Cantikmu

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Pentingnya Berolahraga Menurut Islam

zoya.co.id

ZoyaLovers , ayo jujur, siapa disini yang jarang olahraga? Padahal ternyata dalam islam, olahraga itu merupakan kegiatan yang penting lho. Menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh bagi muslim adalah sebuah kemuliaan karena Allah Subhanah wa Ta’ala telah berfirman:

قَالَتْ إِحْدَاهُمَا يَا أَبَتِ اسْتَأْجِرْهُ إِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ الأمِينُ (٢٦)

“Karena sesungguhnya orang yang paling baik yang kamu ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat fisiknya lagi dapat dipercaya.”  QS. Al-Qashash: 26).

Bisa dilihat kan, dari ayat di atas, islam lebih menyukai orang yang memiliki fisik yang kuat. Bagaimana caranya bagi kita untuk mendapatkannya? Tentu dengan berolahraga. Menggerakkan badan adalah salah satu cara paling ampuh untuk mencegah berkembang-biaknya zat-zat yang berbahaya di dalam tubuh.

Gerakan tubuh dapat menghangatkan badan dan mengalirkan zat-zat sisa dalam tubuh, sehingga membuat badan terasa ringan dan energik. Olahraga juga menjadikan pencernaan dapat menerima makanan lebih mudah dan mengeraskan tulang-tulang serta menguatkan otot-otot dan persendian.

Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih Allah cintai daripada mukmin yang lemah. Dan pada masing-masingnya terdapat kebaikan. Bersemangatlah terhadap perkara-perkara yang bermanfaat bagimu, dan mohonlah pertolongan kepada Allah, dan janganlah engkau bersikap lemah.” (HR. Muslim).

Yang dimaksud dengan kuat disini adalah secara jasmani dan rohani, selain memiliki keimanan yang kuat, penting bagi kaum muslim untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat agar bisa selalu menjaga kekuatan islam.

Bagi Muslimah pun penting untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh mereka, Selain menjaga pola hidup sehat, Islam juga menganjurkan setiap muslim dan muslimah untuk berolahraga. Rasulullah pun pernah mengajak Aisyah berlomba lari, sebagaimana Aisyah pernah berkata:

Rasulullah mengajakku lomba lari dan aku mengalahkannya. Kemudian aku berdiam diri sampai aku menjadi gemuk. Kemudian Rasulullah mengajakku lomba lari dan beliau mengalahkanku. Beliau bersabda : ‘Ini sebagai balasan dari lomba yang lalu.’”

Dari hadits tersebut kita dapat melihat bahwa Ummul Mu’minin Aisyah r.a pun berolahraga dan tidak menjadikan busana tertutupnya sebagai penghalang untuk tetap aktif menjaga kesehatan dan kebugarannya. Yang terpenting, dalam berolahraga ZoyaLovers harus ingat untuk tetap bertingkahlaku sesuai dengan aturan islam. Salah satunya adalah dengan tidak memamerkan tubuh di depan pria yang bukan muhrim dan tetap menjaga aurat. Tentunya ZoyaLovers jangan lupa untuk memilih pakaian olahraga yang nyaman dan banyak minum air putih untuk tetap merehidrasi tubuh.

Dari berbagai sumber

Tiara Risa/Nieke Noviyanti

 Tips Memilih Busana Olahraga Untuk Muslimah

Comments

comments

Categories:   Inspirasi