Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

zoya.co.id

Assalamualaikum zoyalovers, menjadi istri yang sedang hamil dan harus menjalankan ibadah puasa mungkin bisa menjadi beban tersendiri. Secara medis terbukti bahwa puasa bisa menyehatkan tubuh. Tapi bagaimana bagi ibu hamil dan menyusui? Apa alasan medis yang memperbolehkan atau bahkan tidak memperbolehkan ibu hamil dan meyusui berpuasa?

Menurut ahli medis, puasa boleh dilakukan oleh ibu hamil dan menyusui kecuali ada kondisi-kondisi medis tertentu yang kadang-kadang dialami si ibu. Seperti misalnya muntah-muntah hebat. Karena muntahnya itu maka otomatis membatalkan puasa dan beresiko dehidrasi jika diteruskan. Jadi lebih baik tidak puasa dulu demi menjaga kondisi ibu dan janin.

Lain halnya jika kondisi kehamilan baik-baik saja, maka puasa boleh jalan terus. Tidak ada pengaruh negatif puasa terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin dalam perut, selama kondisi ibu sehat. Jika ibu dan bayi sehat, tetap menjaga kondisi itu dengan mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi, dalam hal ini karbohidrat seperti gula dan madu. Lainnya adalah asam folat yang bisa didapat paling banyak pada sayuran hijau.

Pada saat tidak berpuasa, bumil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi asam folat, sebelum dan saat hamil terutama trimester pertama. Sedangkan untuk ibu menyusui, puasa boleh dilakukan selama ASI mencukupi.

-euis/nieke-

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, Ramadan