Sebaik-baik Perhiasan adalah Wanita Shalihah Sebaik-baik Perhiasan adalah Wanita Shalihah

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Sebaik-baik Perhiasan adalah Wanita Shalihah

Zoya.co.id

Menjadi wanita shalihah adalah impian bagi seorang wanita muslim. Untuk menjadi wanita shalihah haruslah diiringi niat yang kuat dan mampu menghadapi berbagai macam godaan yang datang untuk menggoyahkan keinginan baik para wanita muslimah, serta harus yakin dan percaya bahwa Allah SWT selalu menyambut bahagia kepada hambaNya yang ingin mengarah ke arah yang lebih baik.

Dalam agama Islam, sungguh wanita sangat dilindungi, dimuliakan, dan ditinggikan kehormatannya. Maka alangkah mulianya seorang wanita muslimah yang juga menjadi wanita shalihah, bukan hanya sebatas “wanita muslimah”. Artinya, ia adalah wanita yang beragama Islam lalu ia juga menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala laranganNya.

Zoyalovers, tau nggak kalau di dalam Al-Quran sudah disebutkan ciri-ciri wanita shalihah? Yuk kita liat apa yang telah dituliskan dalam Al-Quran Surat An-Nuur ayat 31 yang artinya :

 “Katakanlah kepada wanita beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putra mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

Dari ayat tesebut dapat dilihat bahwa Allah telah memerintahkan kepada wanita yang beriman agar menjaga pandangan, menjaga kemaluan, dan tidak menampakkan perhiasan (riya’), serta menutup aurat kecuali bagi orang-orang tertentu  yang telah disebutkan dalam ayat tadi, sehingga bagi wanita yang menjalankan perintah Allah tersebut sesungguhnya mereka adalah wanita shalihah.

 

Secara singkat, cirri-ciri wanita shalihah adalah :

  1. Mampu menjaga pandangannya, memelihara kemaluannya dan tidak menampakkan perhiasannya (tidak riya’)
  2. Mampu menjaga diri, karena salah satu kemuliaan seorang wanita bersumber dari kemampuan dalam menjaga dirinya.
  3. Menjaga akhlaknya. Salah satu ciri bahwa seseorang (wanita) memiliki iman yang kuat adalah mampu menjaga akhlaknya. Ia akan berhati-hati dalam melakukan sesuatu, apakah sudah sesuai dengan perintahNya atau belum.

Pada intinya adalah wanita shalihah adalah wanita yang taat kepada sang Maha Pencipta, Allah SWT, yaitu dengan menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Wanita shalihah pasti akan terpancar cahaya dari wajahnya, subhaanallah. Oya zoyalovers, banyak lho wanita yang bisa sukses di dunia, namun tidak semua wanita bisa sukses di dunia dan juga akhirat, yaitu salah satunya dengan menjadi shalihah. Sebagaimana Rasulullah SAW. bersabda : “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim). So, tunggu apa lagi, Zoyalovers? Yuk sama-sama kita menuju arah yang lebih baik dengan menjadi wanita yang shalihah, aamiin.

 

 

-Raisa Mahdi

Comments

comments

Categories:   Inspirasi