Siapa Yang Lebih Aku Taati? Siapa Yang Lebih Aku Taati?

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Siapa Yang Lebih Aku Taati?

Zoya.co.id

Zoyalovers, pernah membaca buku ‘Membentuk Muslimah Militan’ karya Najib Khalid Al-‘Amir? Buku tersebut banyak memberikan inspirasi bermanfaat untuk muslimah muda. Seperti cerita yang akan kami kutip, tentang kepolosan gadis kecil yang sangat mentaati Allah SWT.

Gadis kecil yang masih duduk dibangku sekolah dasar itu sudah berhijab, ibundanya memang mendidik dan mengajari tentang pentingnya berhijab dari sejak ia balita. Masalah muncul saat ia sekolah, ia kerap dikucilkan dan dimarahi gurunya. Guru tersebut tidak menerima penampilan salah satu murid yang berpenampilan muslimah dengan baju dan hijab panjang.

Sepulang dari sekolah ia menangis dan mengadu pada ibunya, ibunya bertanya “Apa yang membuatmu menangis sayang?”, gadis kecil menjawab “Guru memarahiku lagi bu, ia tidak suka dengan penampilanku, guruku berkata akan mengusirku jika aku tetap berpenampilan seperti ini, teman-teman juga menjauhiku”.

Kemudian ibu menjawab dengan penuh kasih sayang “Anakku, jangan bersedih kamu sudah tahu kan, bahwa penampilan seperti inilah yang dikehendaki Allah”, gadis kecil itu pun kembali berkata sambil terus menangis “Tetapi guruku tidak menghendakinya”.

Ibunya berkata lagi, “Baiklah anakku, ibu guru tidak menghendakinya, tetapi Allah menginginkannya. Lantas, siapa yang kamu taati? Apakah kamu menaati Allah yang menciptakanmu, mecantikkan wajahmu, dan telah memberi nikmat kepadamu? Ataukah, kamu menaati makhluk yang tidak memiliki sesuatu manfaat ataupun bahaya untuk dirinya sendiri?”

 

“Tentu aku akan menaati Allah SWT,” jawab gadis kecil. “Bagus, dan benarlah kamu, wahai putriku.” Puji ibunya.

 

Keesokan harinya, ia kembali bersekolah dengan tetap mengenakan busana dan hijab panjang. Gurunya pun kembali memarahi gadis kecil didepan teman-temannya, tak segan kata-kata kasar terlontar, maka tak ada yang bisa ia lakukan kecuali menangis.

 

Kemudian gadis itu berkata ,  “Demi Allah, saya tidak mengetahui siapa yang lebih aku taati, ibu atau Dia?”

Guru bertanya keheranan, “Siapakah Dia yang kamu maksud?”

“Dia adalah Allah. Apakah aku akan menaati ibu dengan berpakaian seperti yang ibu kehendaki, sehingga aku mendurhakai-Nya? Ataukah, aku menaati-Nya dan durhaka kepada ibu? Aku akan menaati-Nya Allah SWT, dan biarlah apapun yang terjadi,” jelas murid itu sambil terus menangis.

 

Betapa indah dan menyentuhnya kata-kata yang diucapkan seorang gadis kecil polos, yang menunjukkan ketaatan atas perintah Allah. Tapi, sang ibu guru tidak diam saja, ia lantas memanggil ibu gadis itu lalu berkata, “Sungguh, putrimu telah memberikan nasihat kepadaku dengan nasihat terbesar yang pernah kudengar seumur hidupku.”

 

Sejak hari itu, gurunya telah menyadari kesalahan dan bisa menerima gadis kecil itu dengan ikhlas, begtu pun teman-temannya. Bahkan ada yang mengikuti jejaknya berhijab di sekolah, Subhanallah. Seorang guru bisa menerima nasihat dari muridnya yang masih kecil. Padahal guru tersebut tentu telah banyak mengenyam pendidikan. Tetapi, seseorang yang ilmunya lebih tinggi tidak menghalanginya untuk menerima nasihat dari seorang anak kecil.

 

Sungguh bangga bisa menjadi ibu dari gadis kecil itu karena telah berhasil menanamkan kecintaan kepada Allah dan RasulNya dalam diri anak gadisnya. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari kutipan kisah diatas, kita bisa lebih istiqomah dalam berhijab, In sha Allah Aamiin.

 

Nieke Noviyanti

Comments

comments

Categories:   Inspirasi