Tips memilih hewan qurban Tips memilih hewan qurban

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Tips memilih hewan qurban

Zoya.co.id

Assalamualaikum zoyalovers! Nggak terasa hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Sudah sampai mana persiapanmu untuk menyambut iudl kurban ini? Salah satu yang pasti tak terlewatkan adalah memilih dan membeli hewan untuk kurban. Banyak diantara zoyalovers yang bingung atau kesulitan untuk memilih hewan kurban yang baik dan sehat. Namun jangan khawatir, berikut tips memilih hewan kurban yang aman dikonsumsi.

Daging kurban yang layak konsumsi dapat dilihat dari fisik hewan itu sendiri. Selain fisik hewan, tempat penampungan maupun penjualan juga bisa mempengaruhi kesehatan hewan loh dear. fisik hewan tersebut bisa dilihat dari beberapa aspek. Misalnya melalui bulu hewan yang mengkilat dan tidak berdiri. Lubang-lubang bagian hewan kurban pun tidak boleh luput dari perhatian kamu sebagai consumen.

Hewan kurban yang sehat tidak boleh mengeluarkan cairan (darah) dari lubang-lubang hewan seperti mata, hidung, teling, mulut, ataupun anus. Selain itu, gigi susu dari hewan juga harus kupak atau tanggal dan berganti dengan gigi dewasa semua. Kelincahan hewan juga bisa menentukan kesehatan hewan. Hewan yang cenderung lemas dan loyo bisa saja mengidap penyakit. Tak hanya itu, kuku hewan juga tak boleh lepas dari perhatian. Jangan membeli hewan kurban yang memiliki luka di kaki atau kuku hewan tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah usia hewan, untuk sapi dan kerbau bisa dengan usia sekitar 2 tahun, sedangkan kambing dan sapi berkisar usia 1 tahun.

Yuks kita membeli hewan kurban yang sehat!

 

-Euis Rostika-

 

 

Comments

comments

Categories:   Inspirasi