Yuk Hemat Menggunakan Air Yuk Hemat Menggunakan Air

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Yuk Hemat Menggunakan Air

zoya.co.id

Air , udara dan tanah merupakan sumber daya alam kepunyaan Allah SWT. Demikian pula dengan alam semesta. Sudah menjadi tugas manusia hidup di bumi untuk menjaga dan merawat milik-Nya. Allah meminta manusia untuk memanfaatkan segala sumber daya alam untuk keperluan kebutuhan sehari-hari namun sesuai dengan porsinya.

Sebelum air di dunia ini habis, sudah seharusnya manusia dibekali akal dan hati nurani melakukan beragam upaya untuk menjaganya. Berikut adalah tips menghemat air dalam keseharian:

  1. Pastikan menutup keran dengan rapat dan menjaga pipa agar tidak bocor. Air yang menetes dari keran bocor akan terbuang 0,5 L permenit. Makin deras bocornya, makin banyak air yang terbuang. Selain itu, sebaiknya matikan keran kala menggosok gigi dan mencuci muka.
  2. Pergunakan tangki penampungan air untuk menyimpan air hujan. Air hujan bisa digunakan untuk menyiram tanaman dan toilet. Air tersebut bisa dikumpulkan dari atap rumah. Pastikan kebersihan atap rumah sehingga air hujan yang terkumpul di situ juga bersih.
  3. Kurangi pakaian dan piring kotor. Menurut riset, dalam rumah tangga pakaian kotor dari 4 anggota keluarga setiap harinya adalah sebesar 1,5 kg. Pencucian 1,5 kg baju menggunakan air sekitar 48L. Pastikan menggunakan air dingin untuk mencuci baju maupun piring kotor.
  4. Pergunakan sumur resapan. Kegunaan sumur resapan adalah menampung dan menahan air hujan baik atap maupun yang jatuh langsung ke tanah. Oleh karenanya, air hujan tersebut tidak langsung merembes keluar dari halaman rumah, melainkan mengisi kembali ke dalam air tanah dangkal yang bisa dipakai sebagai sumber air bersih.

-euis/nieke-

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, Ramadan