5 Makanan Buka Puasa yang Sehat dan Praktis 5 Makanan Buka Puasa yang Sehat dan Praktis

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

5 Makanan Buka Puasa yang Sehat dan Praktis

Zoya.co.id

Setelah seharian berpuasa, tubuh harus segera mendapatkan asupan energi agar cepat mendapatkan tenaga kembali. Saat buka puasa, konsumsi karbohidrat sederhana atau gula disarankan karena bisa menaikkan gula darah lebih cepat dan cenderung bersahabat bagi lambung. Namun konsumsinya juga perlu dibatasi karena jika terlalu berlebihan, justru lemas dan perut tidak nyaman yang dirasakan kemudian. Makanan atau minuman apa saja yang sebaiknya dikonsumsi saat buka puasa? Ini tipsnya dari para pakar diet.

Pakar gizi Profesor Hardinsyah, MS, mengatakan, buah menjadi hidangan yang baik untuk berbuka puasa. Kurma, pepaya, dan pisang menjadi pilihan yang baik karena memiliki tekstur lembut sehingga mudah dicerna oleh usus.

Jika tidak ada buah, kamu bisa menggantinya dengan kolak. Pada umumnya kolak berisi labu, ubi, pisang, dan kolang-kaling. Pilih kolak dengan isi yang lembut dan tidak keras supaya mudah dicerna. Tidak perlu khawatir dengan kandungan santan yang terdapat dalam kolak, karena menurut Hardinsyah, santan yang tercampur dalam kolak biasanya encer sehingga cenderung aman di lambung.

Menurut praktisi gaya hidup sehat dr. Phaidon L. Toruan, air kelapa murni minuman yang ideal untuk berbuka puasa. Air kelapa kaya akan elektrolit yang diperlukan untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang selama berpuasa. Dengan begitu, tubuh tidak menjadi lemas. Perlu diingat, air kelapa sebaiknya tidak dicampur dengan bahan lain seperti es, santan atau gula yang berlebihan. Lebih baik meminum air kelapa yang belum dicampur bahan apa pun atau air kelapa kemasan.

--

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, Kabar Zoya, keluarga, News, Promo Event Ramadhan, Ramadan, Tips Memasak, Tips Menu Berbuka, Trend