Apa Saja Manfaat Asi bagi Ibu dan Bayi ? Apa Saja Manfaat Asi bagi Ibu dan Bayi ?

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Apa Saja Manfaat Asi bagi Ibu dan Bayi ?

Zoya.co.id

Bagi seorang ibu yang baru melahirkan bayi, menyusui buah hati dapat memberikan banyak manfaat seperti mengatasi masalah pencernaan, menjaga berat badan, mengurangi stres, serta memberikan perlindungan terhadap infeksi yang bisa terjadi pada bayi.

Manfaat ASI:
ASI lebih dari sekadar makanan. ASI merupakan jaringan hidup dengan banyak faktor kekebalan tubuh yang secara terus-menerus akan memberikan perlindungan aktif terhadap infeksi ketika tubuh bayi belum bisa melindungi dirinya sendiri.ASI mengandung energi, protein, vitamin, air dan nutrisi lain dengan jumlah yang tepat untuk bayi selama enam bulan pertama kehidupan.

Bayi yang baru lahir dan mendapatkan ASI memiliki kemungkinan yang kecil untuk terkena masalah pencernaan, mengalami mengi (bengek) dan bronkitis, serta jarang sakit. Selain itu bayi yang mendapatkan ASI lebih kecil kemungkinannya untuk menderita alergi dan mengembangkan infeksi telinga.
Manfaat Menyusui Bagi Ibu
Pemberian ASI eksklusif segera setelah si bayu lahir akan menurunkan risiko ibu untuk kelebihan perdarahan pasca-melahirkan dan anemia. Setelah ibu dan bayi mulai terbiasa dalam proses menyusui, maka menyusui bisa mengurangi stres ibu serta menjaga bayinya tetap sehat dan cukup gizi. Chuah menggatakan bahwa ASI eksklusif bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu, membantu menunda kehamilan baru, dan mengurangi kebutuhan insulin pada ibu diabetes.

“Dalam jangka panjang, menyusui dapat membantu melindungi ibu dari kanker payudara dan ovarium, serta tulang rapuh.”

Salah satu kekhawatiran ibu hamil yang paling umum tentang kehamilan adalah masalah berat badannya setelah si bayi lahir. Namun dengan menyusui, berat badan bisa berkurang. “Untuk sebagian wanita, menyusui akan membantu mempermudah menurunkan berat badan, karena kalori juga ikut terbakar,” kata Chuah. Sebaliknya, ibu yang tidak menyusui akan kesulitan untuk menurunkan berat badannya dan hanya akan mengandalkan diet ataupun olahraga. Ibu menyusui cenderung turun berat badannya saat bayi mereka memasuki usia 3 hingga 6 bulan.

--

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, Kabar Zoya, keluarga, News, Trend

Tags:  , , , ,