Kata Ilmuan Terkemuka Tentang Manfaat Membaca | Zoya - Lebih Pas Untuk Cantikmu Kata Ilmuan Terkemuka Tentang Manfaat Membaca | Zoya - Lebih Pas Untuk Cantikmu

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Kata Ilmuan Terkemuka tentang Manfaat Membaca

zoya.co.id

Tahukah kamu tugas pertama yang pertama kali diperintahkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad Saw? Perintah tersebut adalah Iqra (Bacalah) dan perintah membaca tersebut diabadikan dalam Kitab Suci Al-Quran.

Apa yang tertuang dalam Al-Quran tentu memiliki makna yang tersirat di dalamnya. Sehingga ketika kita mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, maka banyak manfaat yang dapat kita ambil. Dan inilah kata ilmuan terkemuka Aidh Al-Qarni, tentang manfaat membaca.

  1. Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.
  2. Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan.

  3. Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang-orang malas dan tidak mau bekerja.

  4. Dengan sering membaca, orang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.

  5. Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
  6. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
  7. Dengan membaca, orang mengambil manfaat dari pengalaman orang lain: kearifan orang bijaksana dan pemahaman para sarjana.
  8. Dengan sering membaca, orang mengembangkan kemampuannya; baik untuk mendapat dan memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu dan aplikasinya dalam hidup.
  9. Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pemikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.
  10. Dengan sering membaca, orang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai tipe dan model kalimat; lebih lanjut lagi ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis “diantara baris demi baris” (memahami apa yang tersirat)

Dengan demikian, jelaslah bahwa apa yang diperintahkan dalam Al-Quran tidak pernah ada yang sia-sia. Semua yang kita baca akan tersimpan dalam ingatan sebagai suatu pengetahuan baru. Sebagaimana firman-Nya, “Bacalah atas nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia menciptakan manusia dari Al Alaq. Bacalah dan Tuhanmulah yang paling Permurah. Yang mengajar manusia dengan Qolam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”. (QS Al Alaq 96 : 1-5)

ZoyaLovers, terimakasih sudah membaca

SFJ

Dari berbagai sumber

 

Comments

comments

Categories:   Kabar Zoya