Menikmati Kemeriahan Idul Adha di Berbagai Negara Menikmati Kemeriahan Idul Adha di Berbagai Negara

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Menikmati Kemeriahan Idul Adha di Berbagai Negara

Zoya.co.id

Sesaat lagi Hari Raya Idul Adha tiba. Di momen penuh makna ini tidak ada salahnya jika Zoyalovers mengajak seluruh anggota keluarga di rumah untuk mengetahui bagaimana kemeriahan perayaan Idul Adha di beberapa negara. Yuk, intip keseruannya dear!

Turki

Perayaan Idul Adha di negara Turki biasanya disebut Baqri-Eid atau “Festival Sapi”. Sebenarnya masyarakat Turki tidak hanya melakukan kurban sapi saja, tetapi ada juga domba dan kambing, seperti di perayaan Idul Adha pada umumnya. Yang berbeda, negara Turki memberlakukan hari libur selama 4 hari saat Idul Adha dan masyarakat di sana tidak hanya membagikan daging kurban ke tetangga sekitar, namun juga membagikan aneka masakan lezat.

Maroko

Sementara di Maroko, Idul Adha disebut sebagai Eid Al-Kabir atau Big Holiday karena pada momen ini masyarakat Maroko mendapatkan hari libur selama 3 hari. Proses penyembelihan hewan kurban tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Tapi ada juga tradisi unik mulai dari sarapan sebelum Sholat Ied dengan hidangan khas seperti Herbel (campuran gandum susu), msemen, harcha, beghrir dan krachel serta menyiapkan permen dan aneka kue kering untuk menyambut tamu yang berkunjung ke rumah. Tradisi ini sangat mirip seperti di Indonesia ketika Idul Fitri.

Cina

Penduduk Cina yang menganut agama Muslim berjumlah hampir 20 juta jiwa dan umumnya mereka bertempat tinggal di kawasan Xinjiang, Ningxia, Gansu, Qinghai, Yunnan, Shaanxi, Inner Mongolia dan Henan. Setelah menjalankan Sholat Ied dan dilanjutkan dengan prosesi penyembelihan hewan kurban, masyarakat Cina yang bekerja di luar daerah asalnya pulang untuk mengunjungi kampung halaman. Ada juga di antara mereka yang mudik hanya untuk sekadar makan siang bersama keluarga. Setiap kelompok etnis penganut Muslim juga seringkali merayakan Idul Adha di hari yang berbeda tergantung dengan tradisi masing-masing.

Singapura

Singapura juga memiliki cerita lain mengenai perayaan Idul Adha. Selain tradisi Sholat Ied dan pemotongan hewan kurban, di Singapura ada banyak sekali kemeriahan untuk merayakan Idul Adha seperti yang diadakan di kawasan Kampong Glam dan Geylang Serai. Di dua kawasan ini secara rutin diadakan bazaar Idul Adha dengan dekorasi meriah yang tiap tahunnya selalu dipenuhi masyarakat lokal dan wisatawan asing.

Bagaimana, seru kan perayaan Idul Adha di luar Indonesia? Yuk, siapkan keperluan Idul Adha kamu di rumah agar dirayakan dengan penuh keseruan!

 

--

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, Kabar Zoya, keluarga, News, Trend