Suami dan Istri adalah Saling Menyempurnakan Satu Sama Lain Suami dan Istri adalah Saling Menyempurnakan Satu Sama Lain

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Suami dan Istri adalah Saling Menyempurnakan Satu Sama Lain

Zoya.co.id
Kasih sayang mawaddah dan rahmah adalah suasana yang di impikan oleh setiap keluarga. akan tetapi masalah yang muncul dalam keluarga antara suami dan istri sering mengancam hubungan tersebut dan dapat merubah suasana rumah tangga.
Selain setiap suami dan istri harus mengetahui posisi dan tugasnya masing-masing, suami sebagai kepala rumah tangga harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dalam keluarga. jika masalah yang di sebabkan oleh suami maka dia lah yang salah, dan jika masalah itu di sebabkan oleh istri, maka suami juga yang salah.
Karena suami adalah pemimpin keluarga, penanggung jawab keluarga, bertanggung jawab atas semua kebutuhan keluarga termasuk kebutuhan istri dan anak-anaknya. menafkahi baik lahir maupun batin, juga bertanggung jawab atas pendidikan istri. dan istri juga tidak boleh merasa sudah cukup tahu akan tugasnya dan tidak ingin di atur.
Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- mewasiatkan kepada para suami dalam mendidik istri harus selalu di hadapi dengan kesabaran, dan mendidik mereka dengan cara yang baik. karena wanita di ciptakan dari tulang rusuk, dan bagian yang bengkok dari tulang rusuk tersebut adalah pada ujungnya. Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda :
وَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا فَإِنَّهُنَّ خُلِقْنَ مِنْ ضِلَعٍ، وَإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلاَهُ، فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ، وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ، فَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا
Artinya : “Dan berwasiatlah kepada para wanita dengan baik, karena sesungguhnya mereka di ciptakan dari tulang rusuk, dan bagian yang bengkok dari tulang rusuk adalah atasnya, jika engkau memaksa meluruskannya maka dia akan patah, dan jika engkau biarkan maka dia akan tetap bengkok. maka berwasiatlah kepada para wanita dengan baik.” (HR Bukhori dan Muslim)
Sang istri hendaknya juga tahu akan tugas-tugasnya dan terus membekali diri dengan pengetahuan keagamaan maupun umum demi terwujudnya keluarga rabbani. Memiliki putra-putri yang terdidik dengan nilai-nilai Islam yang tinggi. Selain itu tanggung jawab masalah intern rumah tangga juga menjadi tanggungjawab isteri, seperti mengurus anak-anak dan suami. Memasak dengan mempertimbangkan gizi dan kesehatan anggota keluarga, juga mengatur anggaran belanja.

Suami istri adalah ibaratnya baju yang saling menutupi kekurangan masing-masing, dalam arti apa yang terjadi dalam rumah tangga mereka yang merupakan aib adalah patut mereka tutupi dan jangan sampai diketahui oleh pihak lain.
Maka suami istri adalah saling menyempurnakan satu sama lain. Saling melengkapi demi tercapainya keluarga rabbani yang sakinah, mawadah, warrohmah.

--

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, Kabar Zoya, keluarga, News