Sajian Khas Ramadhan di Nusantara Sajian Khas Ramadhan di Nusantara

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Sajian Khas Ramadhan di Nusantara

Zoya.co.id

Ramadhan memang bulan yang istimewa, tidak hanya dari segi keimanan, bahkan kuliner pun spesial di bulan suci ini. Ada banyak sajian makanan khas nusantara yang hanya hadir saat bulan Ramadhan tiba, apa saja? Ini beberapa di antaranya.
sotong_pangkong_BOP

  1. Sotong Pangkong – Pontianak

Daerah Pontianak yang memiliki banyak pantai memang kaya akan hasil lautnya. Ketika Ramadhan tiba, Pontianak memiliki panganan khusus bernama sotong pangkong yang terbuat dari sotong alias cumi-cumi besar yang dikeringkan, dibakar dengan arang, lalu diratakan dengan dipukul-pukul untuk membuat rasanya semakin gurih. Sotong pangkong bisa disantap dengan sambal atau saus cuka, hmm… Yummy!

 

resep_bongko kopyor

  1. Bongko Kopyor – Gresik

Sajian satu ini sudah terkenal sebagai favorit warga gresik untuk berbuka puasa. Panganan yang hanya ada di bulan ramadhan ini terbuat dari campuran tepung beras, tepung sagu, santan, gula pasir, pandan, dan pisang raja yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus sampai matang. Selain lezat, hidangan ini juga dipercaya bisa mengembalikan energi kita setelah seharian berpuasa.

3458815337_4b15b60fe8_b

  1. Ketan Bintul – Serang

Di Serang, masyarakat merayakan bulan puasa dengan sajian lezat gurih dan legit yang bernama ketan bintul. Terbuat dari ketan yang dilumuri dengan serundeng, yaitu parutan kelapa yang disangrai dengan bumbu rempah-rempah, makanan satu ini terasa lezat dengan rasa manis gurih pedasnya. Tidak heran panganan ini disebut-sebut sebagai makanan favorit Sultan Banten untuk berbuka.

antarafoto-PakatRotan140810

  1. Pakat – Tapanuli

Sajian yang satu ini mungkin akan terlihat aneh di mata orang awam, namanya Pakat Rotan dari daerah Tapanuli. Sajian khas bulan ramadhan ini terbuat dari batang rotan muda yang dibakar. Pakat disajikan lengkap dengan sambal atau kuah santan dan serundeng. Hmm… Berbuka dengan makanan istimewa ini, nikmat puasa pasti terasa semakin istimewa ya.

SONY DSC

  1. Kicak – Jogja

Takjil legendaris dari kota pelajar ini juga tidak kalah sedap, kicak terbuat dari ketan lembut yang dicampur gula pasir dan parutan kelapa sehingga rasanya manis dan gurih. Untuk melengkapi kelezatannya, kicak diberi topping irisan daun pandan dan potongan daging nangka yang membuat aromanya semakin menggoda.

Bagaimana ZoyaLovers, apa di daerah kalian juga ada panganan khusus yang hanya hadir di bulan Ramadhan? Yuk Share disini!

Tiara Risa/Nieke Noviyanti

Comments

comments

Categories:   Ramadan, Tips Memasak