Tips Aman dan Menyenangkan Saat Mudik Tips Aman dan Menyenangkan Saat Mudik

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Tips Aman dan Menyenangkan Saat Mudik

Mudik merupakan momen libur lebaran yang hanya ada di Indonesia. Hanya saat mudik inilah masyarakat akan merasakan kemacetan luar biasa dibanding saat momen liburan lainnya. Agar mudik   lancar dan menyenangkan, simak tips apa saja yang harus dipersiapkan sebelum libur lebaran.

  1. Pilih transportasi yang tepat, persiapkan dari jauh hari

Ada berapa anggota keluarga yang akan ikut? Apakah akan lebih mudah naik transportasi umum atau transportasi pribadi? Apakah cukup dekat dan bisa ditempuh dengan motor atau harus naik mobil untuk menampung semua bawaan? Pertimbangankan semua hal sebelum pergi mudik agar perjalanan tetap nyaman dan tentunya aman untuk seluruh anggota keluarga.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi prima, servis dulu sebelum bepergian untuk menghindari hal-hal tidak menyenangkan yang akan mengurangi kesenangan mudik. Jika memutuskan untuk pergi menggunakan transportasi umum, pesanlah dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket.

  1. Pilih waktu yang tepat

Kita semua tahu akan terjadi kemacetan dimana-mana saat libur lebaran, oleh karena itu sangat penting untuk memilih hari yang tepat untuk melakukan perjalanan agar terhindar dari kemacetan panjang. Juga penting untuk memilih jam terutama untuk yang akan menggunakan kendaraan pribadi, memulai perjalanan di malam hari biasanya akan lebih nyaman karena jalan relatif lebih lengang.

  1. Persiapkan Fisik

Selain kendaraan, tentu kita harus memastikan kondisi tubuh kita dalam keadaan prima untuk melakukan perjalanan panjang dan menghadapi kemacetan. Jangan lupa tidur dan makan yang cukup sebelum perjalanan.

  1. Siapkan bekal yang cukup

Untuk anak-anak yang tidak berpuasa seharian, kita harus selalu siap dengan bekal yang cukup, meskipun dalam perjalanan jadwal makan mereka tidak akan terganggu.  Bekal juga perlu disipakan, jika ternyata kita harus berbuka di tengah perjalanan, karena kemacetan akan sulit diprediksi dan kita tidak tahu apakah akan ada restoran di dekat tempat kita berhenti saat magrib tiba.

  1. Pastikan keamanan rumah yang akan ditinggal

Sebelum berangkat pastikan semua urusan rumah sudah beres, tidak ada api kompor yang masih menyala dan air yang masih mengalir, jika memungkinkan pastikan ada security yang akan tetap menjaga keamanan rumah selama ditinggal mudik lebaran.

  1. Jangan lupa berdoa

Tidak ada yang bisa melindungi kita selain Allah SWT, karena itu jangan sampai lupa berdoa sebelum dan selama perjalanan.

  1. Be H-A-P-P-Y!

Tujuan dari pergi mudik adalah untuk mengunjungi keluarga di kampung halaman yang sudah lama tidak ditemui, untuk tujuan yang gembira ini maka perjalanan juga harus dinikmati dan dibuat semenyenangkan mungkin. Jika seluruh keluarga merasa senang maka perjalanan selama apapun tidak akan terasa mengesalkan karena kita akan menikmati waktu bersama keluarga yang mungkin jarang bisa didapatkan di hari biasa.

Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan, dan salam sayang untuk keluarga Anda 🙂

Berbagai sumber

Tiara Risa/Nieke Noviyanti

Comments

comments

Categories:   Ramadan