Tradisi Unik Ramadhan Di berbagai Negara Tradisi Unik Ramadhan Di berbagai Negara

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Tradisi Unik Ramadhan Di berbagai Negara

zoya.co.id

Zoyalovers, tanpa terasa dalam hitungan hari kedepan kita akan memasuki bulan suci Ramadhan.. Biasanya, banyak umat muslim di Indonesia maupun dunia yang memiliki tradisi unik untuk menyambut bulan penuh hikmah ini. Yuk kita intip tradisi-tradisi unik ramadhan tersebut :

  1. Indonesia

Beberapa hari sebelum memasuki bulan Ramadhan, masyarakat Padang, Sumatera Barat akan melakukan tradisi Balimau. Tradisi Balimau ini adalah tradisi yang sudah turun-temurun dilakukan. Balimau sendiri adalah acara mandi bersama atau di tempat permandian untuk membersihkan diri sebelum menjalani ibadah puasa. Esensi dari tradisi ini adalah untuk kesiapan lahir dan batin orang bersangkutan untuk memasuki bulan suci Ramadhan.

Tradisi unik lain masyarakat Indonesia adalah nyorog. Ini merupakan tradisi menjelang ramadhan yang dilakukan oleh Suku Betawi. Ketika akan memasuki bulan Ramadhan keluarga yang usianya lebih muda akan mendatangi keluarga yang lebih tua dan membawakan bingkisan yang berisi sirup, gula, atau minyak. Tradisi seperti sebuah peringatan untuk memasuki bulan suci

Berkumpul bersama, saling bermaaf-maafan sambil menikmati sajian makanan bersama keluarga, teman, atau saudara adalah tradisi yang umum dilakukan menjelang bulan Ramadhan. Dalam tradisi Sunda hal ini dinamakan munggahan. Maksud dari tradisi ini adalah silahturahmi menjelang bulan suci.

2. Kairo

Ternyata bukan hanya Indonesia yang memiliki tradisi menyambut datangnya bulan puasa, beberapa negara lainnya juga memiliki tradisi unik yang hanya berlangsung saat ramadhan tiba. Umat Muslim di Kairo, Mesir memiliki tradisi unik. Mereka akan memasang lampu tradisional di setiap rumah yang disebut dengan lampu Fanus. Oleh karena itu, banyak warga Kairo yang berbondong-bondong berbelanja lampu saat menjelang bulan Ramadhan tiba.

  1. Prancis

Prancis tepatnya di Couronne, dimana daerah ini banyak didiami oleh imigran asal Arab, juga ada tradisi berbelanja berbagai macam pernak pernik untuk menyambut datangnya ramadhan. Dan jalan Pierre Tumbot lah yang paling terkenal ramai yang menjual berbagai macam pernak pernik tersebut.

  1. Palestina

Di Palestina, orang-orang merayakan datangnya bulan suci Ramadhan dengan berbuka puasa bersama-sama. Eits, ini bukan buka bersama biasa, ada sekitar 3000 orang yang hadir untuk acara ini, lho! Biasanya, acara dibuka dengan menyajikan cemilan manis yang disebut falalel.

Ternyata tiap negara  memiliki tradisi tersendiri ya untuk menyambut bulan suci ramadhan, bagaimana denganmu?

 

Euis/Nieke

Comments

comments

Categories:   News, Ramadan