Ingin bahagia? Pakai Baju Warna Cerah saja! Ingin bahagia? Pakai Baju Warna Cerah saja!

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Ingin bahagia? Pakai Baju Warna Cerah saja!

Zoya.co.id

Diantara kamu ada yang sedang galau atau bad mood dear? yuks pakai busana warna cerah agar bahagia! Penelitian menunjukkan bahwa ragam warna bisa menimbulkan efek psikologis yang kuat. Ketika kita melihat warna, sistem syaraf pada otak akan merespon dan menyebabkan kelenjar hypothalamus melepaskan hormon-hormon tertentu lho.

Misalnya saja ketika melihat warna bernuansa hangat dan terang seperti pink, oranye atau kuning, otak akan melepaskan dopamine yang dikenal sebagai ‘hormon bahagia’. Hormon ini bisa meningkatkan mood positif, lebih waspada bahkan meningkatkan gairah seksual. Sementara warna-warna sejuk seperti biru dan hijau akan memicu pelepasan hormon oksitosin yang membuat mood lebih tenang.

Ini beberapa tips dari stylist Zoya untuk padu-padan warna terang pada busana:

Merah Terang-Burgundy
Merah terang atau scarlet diasosiasikan dengan temperatur panas, sehingga warna ini merupakan yang ‘terpanas’ dalam kelompok spektrum warna. Warna scarlet juga memicu kelenjar pituitary dan adrenal yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Kelebihan lainnya, warna merah terang dan ungu gelap cocok dengan hampir semua tone kulit dan warna rambut. Sangat cocok jika dipadukan bersama warna-warna gelap untuk terkesan lebih elegan.

Cyan
Warna campuran antara biru dan hijau terang ini juga cocok dengan hampir semua warna kulit dan membantu membuat kompleksi kulit tampak lebih cerah. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengenakan atau melihat sesuatu berwarna kebiruan bisa memicu otak melepaskan oksitosin. Hormon ini bersifat menenangkan sehingga sesuai dikenakan untuk mengatasi marah, kesal atau stress.

Mustard
Palet kuning terang dengan sedikit sentuhan earthy ini bisa mencerahkan tone kulit yang tampak keabuan karena usia yang menua. Bisa dibilang, mustard adalah warna ‘hitam’ nya bagi para wanita maupun pria yang sudah mencapai usia paruh baya.
Fuchsia
Warna pink sering diasosiasikan dengan femininitas dan muda, sehingga cocok dikenakan wanita paruh baya agar terlihat lebih segar. Tapi bukan berarti wanita remaja maupun yang masih muda tidak bisa memakai warna ini karena pink sebenarnya pas dikenakan segala usia. Penelitian juga menunjukkan bahwa pria lebih suka melihat wanita berbaju pink ketimbang warna lainnya, karena pink merupakan warna yang paling mendekati tone kulit.

Biru Terang
Warna cobalt atau biru terang sesuai dikenakan semua warna kulit. Selain itu karena warnanya yang kuat, biru terang bisa menyamarkan lingkaran gelap bawah mata dengan cara mengalihkan perhatian orang dari area tersebut.

Ungu
Seperti biru, warna yang menyiratkan keanggunan ini juga punya efek menenangkan. Ungu bisa mengatasi perasaan yang tegang atau lelah menjadi lebih tenang. Padukan ungu dengan kuning, karena berdasarkan penelitian warna ini bisa memicu perasaan senang.


-Euis Rostika-

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, Tips Busana