Islam Bersemi di Osaka Islam Bersemi di Osaka

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Islam Bersemi di Osaka

Zoya.co.id

Masjid Osaka, demikian orang-orang menyebutnya. Lokasinya begitu strategis dengan posisi di tengah-tengah kota terpadat ketiga di Jepang lho dear.  Jika masjid kampus hanya ramai ketika jam sibuk, Masjid Osaka selalu ramai setiap kali jam shalat. Meski bangunannya sangat sederhana, Masjid Osaka dapat menampung sekitar 600 orang.

Osaka Ibaraki Mosque menjadi pusat kebudayaan Islam dan masjid utama berkumpulnya Muslim Osaka. Muslim mendapat hak menunaikan shalat di manapun meski di ruang publik sekalipun. Jepang memang memiliki tipe masyarakat yang saling menghormati dan tak saling mengganggu, Subhanallah ya dear.

Di dua masjid tersebut, Muslim Osaka berkumpul, bersilaturahim dan mempelajari ilmu agama. Terdapat imam yang menjadi pelita ilmu agama bagi Muslimin. Tak hanya itu, masjid juga memberikan banyak layanan termasuk dalam menyediakan pangan halal. Sehingga, penduduk Muslim Osaka pun tak kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka.

Konsentrasi Muslim Jepang memang berada di ibu kota Tokyo dan kota awal penyebaran Islam, Kobe. Namun, saat ini penduduk Muslim hampir telah tersebar secara merata di seluruh Jepang.  Dakwah pun terus menggeliat, terutama di kota-kota utama, seperti tiga kota utama area metropolitan Kobe, Kyoto, dan Osaka.  Di Osaka, Disana, Zoyalovers dapat merasakan solidaritas persaudaraan mereka bahkan sangat kental. Jumlah mualaf pun terus meningkat.

Sejarah awal komunitas Muslimin di Osaka tak jauh beda dengan sejarah masuknya Islam di Jepang. Komunitas bermula dari para imigran Turki-Tartar saat suasana panas perang dunia pertama tengah berkecamuk. Para imigran tersebut pindah dari kawasan Rusia yang mengalami revolusi Bolshevik dengan pimpinan Stelin yang komunis dan ateis ke negeri Jepang. Mereka mencari suaka di Jepang.

Menurut Prof Dr Salih Mahdi S Al Samarrai, dalam artikel Islam in Japan, menjadi lokasi pembangunan masjid yang ditujukan untuk tahanan Muslim Rusia pada 1905. Hal ini terjadi setelah perang antara Rusia dan Jepang.

Pascaperang tersebut, Jepang memang dikabarkan oleh media sebagai negara yang memiliki perhatian besar pada Islam dan dunia Islam. Alhasil, berbagai ulama dari dunia tertarik datang ke Jepang untuk berdakwah. Saat berwisata ke Jepang, sempatkan berkumpul bersama peduduk muslim disana ya!

-Euis Rostika-

Comments

comments

Categories:   Tips Busana