Wanita Muslimah di Saudi Arabia Wanita Muslimah di Saudi Arabia

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Wanita Muslimah di Saudi Arabia

Saudi Arabia terkenal dengan negara yang sangat patuh dan menjunjung tinggi agama islam. Dari mulai laki-laki dewasa tidak bersama atau berdampingan dengan wanita dewasa kecuali sudah menjadi mahromnya, wanita tidak diperbolehkan menyetir, hingga cara berpakaian pun sangat khas dan cukup ketat di negara ini. Laki-laki dewasa Saudi Arabia biasanya menggunakan gamis putih yang disebut juga dengan “tsub”, sedangkan wanita dewasa diharuskan menggunakan abaya dan jilbab hitam.

Jika keluar rumah, hendaknya wanita dewasa di Saudi Arabia diwajibkan untuk berpakaian tertutup (menutup aurat). Meskipun dalam agama Islam bahwa batas aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, akan tetapi banyak wanita Saudi yang menutup auratnya hingga ke wajahnya dengan menggunakan cadar. Bagi mereka wajah juga merupakan aurat dan laki-laki tidak boleh melihat wajah wanita selain mahromnya.

Selain cadar, wanita dewasa di Saudi menggunakan abaya. Abaya merupakan semacam jubah berwarna hitam yang sangat identik dan khas dengan wanita Arab. Namun seiring berjalannya waktu, abaya semakin berkembang dan semakin banyak style dan warnanya. Abaya yang dulunya harus berwarna hitam polos tapi kini bisa dilengkapi dengan berbagai macam warna dan style, sehingga tidak perlu ragu untuk bisa tampil gaya dengan bermodalkan abaya. Meskipun tetap yang dominan adalah warna hitam. Jika  kita membeli abaya, biasanya akan sepaket dengan jilbabnya. Jilbab tersebut dibuat dengan disesuaikan dengan warna ataupun style dari abaya tersebut. Kebanyakan wanita Saudi menggunakan jilbabnya dengan simpel dan jarang menggunakan jarum pentul ataupun peniti.

Namun di negara Saudi Arabia, tidak hanya didomisili oleh warga Saudi Arabia saja, banyak pendatang yang datang ataupun pekerja dari berbagai negara yang bekerja dan tinggal di Saudi Arabia. Secara umum, memang jika keluar rumah, wanita harus menggunakan abaya dan jilbab hitam, namun biasanya adapula wanita non-Saudi menggunakan abaya dan jilbab tapi selain warna hitam dan hal itu tidak ada larangan, asalkan tetap menggunakan abaya menutup aurat dan tidak mencolok.

Karena negara arab khususnya Saudi Arabia, aturannya sangat ketat dalam hal berpakaian, apalagi untuk wanita. Meski seorang wanita dewasa keluar rumah dengan menutup aurat namun hanya memakai blouse dan celana/rok, dan tidak menggunakan abaya, maka hal ini tidak diperbolehkan. Intinya adalah wanita di Saudi Arabia sangat dihormati dan ditinggikan kehormatannya, oleh karena itu wanita sangat dilindungi dengan dipertegas untuk menjaga kehormatannya dengan menutup auratnya dengan memakai abaya (jubah hitam) tersebut.

Raisa Mahdi

Comments

comments

Categories:   Inspirasi, Tips Busana, Trend