Cara Aman Membuat Kulit Bebas Bulu Cara Aman Membuat Kulit Bebas Bulu

Kerudung ZOYA – Lebih Pas Untuk Cantikmu | Hijab Muslimah, Hijab Tutorial Terbaru, Stylish Muslimah

Menu

Cara Aman Membuat Kulit Bebas Bulu

Zoya.co.id

Sebagai wanita yang selalu ingin tampil sempurna, pasti mendambakan kulit yang bersih, mulus dan bebas bulu. Banyak wanita yang memilih waxing untuk menghilangkan bulu terutama di daerah tangan dan kaki. Tapi apakah waxing cukup aman bagi kulit? Nah, untuk lebih jelasnya, simak tips tentang cara aman membuat kulit bebas bulu berikut ini.

Dalam dunia kedokteran, ada dua jenis metode penghilang rambut, yakni melalui prosedurhair removal (seperti waxing atau menggunakan krim penghilang rambut), dan hair reduction. Meski mampu diaplikasikan pada seluruh jenis rambut, metode waxing tidak dianjurkan. Pasalnya, selain rasa sakit yang akan muncul, hasil dari metode ini juga tak permanen.

Waxing dinilai lebih berbahaya. Ada beberapa orang yang alergi terhadap bahan waxing.Indikasinya beragam, mulai dari kulit yang memerah akibat iritasi, rasa gatal, hingga infeksi. Bahkan waxing juga mengakibatkan inground hair, yaitu rambut yang tumbuh ke dalam kulit sehingga menimbulkan nyeri dan bengkak.

Sementara hair reduction dilakukan dengan mereduksi bulu secara bertahap. Metode ini lebih digemari karena rasanya yang nyaman serta prosedurnya yang dinilai lebih aman. Ada dua macam cara, yaitu menggunakan alat IPL (Intense Pulsed Light) dan laser. Untuk laser, cara ini sudah banyak ditinggalkan karena tidak nyaman, lebih nyeri, dan tingkat keberhasilan yang rendah.

IPL sendiri merupakan cara yang digemari dan dinilai tepat. Sebab, alat yang bekerja dengan energi panas ini dinilai lebih selektif pada zat melanin yang terletak di ujung folikel rambut dan tidak akan melukai daerah lainnya. Sedangkan lama prosesnya tergantung pada besar-kecilnya daerah rambut yang dihilangkan, berikut karakter rambut setiap orang yang berbeda-beda.

Meski begitu, harap diingat, IPL hanya berfungsi mereduksi rambut saja, bukan menghilangkan. Folikel rambut yang tadinya besar, secara bertahap pun akan mengecil. Hasilnya, sekilas rambut akan terlihat hilang, meski sebenarnya hanya berkurang.

Jika zoyalovers memang ingin membersihkan bulu di bagian tubuh tertentu, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih klinik yang aman. Pastikan metode yang akan digunakan di klinik tersebut hair removal atau hair reduction. Kemudian pastikan zoyalovers ditangani oleh dokter professional. Karena, jika operator tidak cermat dan tidak mengerti dosis yang tepat ketika mengaplikasikan alat, kulit berisiko kemerahan, belang, dan tidak indah secara estetika.

Sebagai syarat cara aman kulit bebas bulu, pasien juga tidak boleh menderita kelainan kulit, terkena infeksi, atau terpapar virus. Selain itu, pasien dituntut untuk menaati SOP-nya. Misalnya, tidak boleh terkena sinar matahari dan lain sebagainya. Namun, bagi mereka yang tidak yakin untuk mengikuti perawatan penghilang rambut, merawat rambut di tubuh agar tetap bersih dan lembap saja sudah cukup.

Intinya sebagai seorang muslimah kita harus tetap bersyukur atas apa yang diberikan oleh Allah SWT, ingat dear yang terpenting adalah kecantikan hati bukan fisik.

Nieke Noviyanti

Berbagai sumber

Comments

comments

Categories:   Tips Kecantikan